IMPLEMENTASI CUSTOMER PERSONA dan SOCIAL MEDIA PLANNING INSTAGRAM PADA KAMPUNG IKAN LEMBAH TANJUNG

  • Gugyh Susandy
  • Ananda Tri Handayani
  • Firda Hamidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Nursadiyah Nursadiyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Lita Novrial Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Abstract

           Di era digital yang terus berkembang, penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran telah menjadi bagian integral dari banyak strategi bisnis terutama dalam wisata, maka dari itu perlu memahami pemasaran dan pemahaman terhadap customer persona, social media planning, dan maintenance atau inovasi pada sosial media instagram. Penelitian ini bertujuan untuk  memberikan gambaran bagaimana customer persona dapat membantu dalam memahami target pasar, dan bagaimana instagram digunakan secara efektif untuk mempromosikan wisata kampung ikan lembah tanjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara dan observasi secara langsung pada kampung ikan lembah tanjung. customer persona dan social media planning di kampung ikan, khususnya di kolam renang dan kolam pancing, bertujuan untuk meningkatkan engagement dan menarik lebih banyak pengunjung dengan konten yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target audiens. Dengan pemahaman demografis dan psikografi pelanggan, serta strategi onten yang tepat, kampung ikan dapat menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi pengunjung, meningkatkan loyalitas, dan memperluas jangkauan pasar melalui platform instagram.

References

Cania, N., & Heryani, R. D. (2020). PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK DI SMK PLUS PELITA NUSANTARA. Research and Development Journal of Education, 1(1), 91.
Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (n.d.). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM.
Lavuri, R., & Susandy, G. (2020). Green products: Factors exploring the green purchasing behavior of south Indian shoppers. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 4(2), 174â-191.
Salminen, J., Jansen, B. J., An, J., Kwak, H., & Jung, S. (2018). Are personas done? Evaluating their usefulness in the age of digital analytics. Persona Studies, 4(2), 47–65.
Susandy, G., Sari, D., Helmi, R. A., & Komaladewi, R. (2023). Digital Marketplace Branding Model. Quality-Access to Success, 24(193).
Susandy, G., & Prasetyo, Y. E. (2019). Social network and organizational leadership at the higher education institution: A case study. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 3(1), 37â-48.
Ratnasari, N., Susandy, G., & Apriandi, D. W. (2019). The influence of social media marketing and online consumer behavior in the city of subang on the brand story of the instant messenger line application. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 16(2), 3-3.
Published
2024-08-29