IMPLEMENTASI CUSTOMER PERSONA DAN SOSIAL MEDIA PLANNING UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KAMPUNG IKAN LEMBAH TANJUNG

(STUDI KASUS CAMPING DAN VISIT)

Authors

  • Gugyh Susandy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Noval Hartas Saefulloh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Resa Resa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Siti Rohmah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran pelanggan, menarik minat pelanggan potensial, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Rumus masalah: Bagaimana persona pelanggan mempengaruhi produk/produksi di kampung ikan,  Bagaimana pengaruh perencanaan media sosial pada produk/produksi wisata kampung ikan dan Bagaimana penerapan Instagram (maintenance) atau inovasi IG kampung ikan wisata produk/produksi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, maka data-data yang sudah terkumpul akan dianalisis lebih dalam lagi secara deskriptif kualitatif. Data-data akan disusun secara sistematis dan dijelaskan dengan kata-kata yang memberikan gambaran jelas kepada pembaca. membahas perencanaan media sosial (persona pelanggan, konten organik, tagar atau tagar tiktok, storyboard campaign), dan pemeliharaan Instagram. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelanggan purnawaktu memengaruhi produk/produsen dengan mempermudah akses kedalam satu tautan hanya dengan satu kali klik. Perencanaan media sosial dapat memengaruhi produk atau produsen kampung wisata ikan dengan konten yang menarik wisatawan untuk meningkatkan pengunjung sehingga pelanggan tertarik untuk datang berkunjung. Inovasi yang kami terapkan di sosial media (Instagram) untuk menarik perhatian agar audiens tertarik pada postingan kampung ikan dan dapat dibagikan kepada audiens dengan tujuan semakin banyak pengunjung

References

Andiyani, R. A., & Susandy, G. (2022). The impact of online marketing influencers on consumer purchase decisions. Marketing Management Studies, 2(2), 152–165. https://doi.org/10.24036/mms.v2i2.292

Fauzan, M. R., & Susandy, G. (2021). Reference group and utilitarian shopping motivation and online purchase decision of fashion products in Tokopedia Marketplace. Marketing Management Studies, 1(1), 01-14.

Junaedi, D., Susandy, G., & Apriandi, D. W. (2019). THE INFLUENCE OF SELF-CONGRUITY AND MOBILE MARKETING ON BRAND LOYALTY AT FAST FOOD RESTAURANTS CALIFORNIA CHICKEN IN SUBANG CITY. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 16(2), 4. Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/dimensia/article/view/113

Kusmayanti, A. S., Oktaviana, V., & Susandy, G. (2020). THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND BRAND EQUITY ACTIVITIES ON CUSTOMER RESPONSE Study at the Pudu Sentral Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 17(1), 53–63. Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/dimensia/article/view/405

Lavuri, R., & Susandy, G. (2020). Green products: Factors exploring the green purchasing behavior of south Indian shoppers. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 4(2), 174â-191.

Susandy, G., Sari, D., Helmi, R. A., & Komaladewi, R. (2023). Digital Marketplace Branding Model. Quality-Access to Success, 24(193).

Susandy, G., & Prasetyo, Y. E. (2019). Social network and organizational leadership at the higher education institution: A case study. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 3(1), 37â-48.

Ratnasari, N., Susandy, G., & Apriandi, D. W. (2019). The influence of social media marketing and online consumer behavior in the city of subang on the brand story of the instant messenger line application. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 16(2), 3-3.

Susandy, G., & Prasetyo, Y. E. (2016). Analisis Pusat Pertumbuhan Subang. Dimensia, 13(2), 93-116.

Zambito, T. (2013). "The Definition of Buyer Persona: A Blueprint for Better Understanding Your Customers."

Buku

David Silverman (2022) dalam "Qualitative Research"

John W. Creswell (2018) dalam "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches"

Kotler, Keller (2016): Marketing management / Philip

Published

2024-08-29