PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, PENGALAMAN KEUANGAN, TINGKAT PENDAPATAN, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.35310/jass.v2i02.673Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, pengalaman keuangan, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan terhadap perilaku keuangan keluarga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah kuantitatif. Data primer yang diperoleh dari responden dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu kepala keluarga di Subang dengan sampel sebanyak 120 responden. Adapun metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji Normalitas Uji Heterokedastisitas dan Uji Multikolonieritas. Uji t, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan, tingkat pendaptan, dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap perilaku keuanga keluarga, sedangkan pengalaman keuangan berpengaruh postif signifikan teradap perilaku keuangan keluarga. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan, pengalaman keuangan, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan keluarga. Berdasarkan uji T dan uji F maka hipotesis penelitian dapat diterima pada tingkat signifikansi 5%.