ANALISIS PERBANDINGAN INOVASI PRODUK PADA UMKM BRAND “AYAM GEPREK PANGERAN” DAN BRAND “AYAM GEPREK BENSU CABANG SUBANG”
Keywords:
UMKM, Inovasi Produk, UMKM brandAbstract
Rudjito (2003) Menjelaskan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang memiliki peranan sangat penting di dalam perekonomian Negara Indonesia. Dilansir dari badan pusat statistik Indonesia jumlah koperasi dan UMKM di Indosesia pasca pandemi covid-19 pada tahun 2022 menembus angka 14,5 juta dan hal itu diprediksi akan terus meningkat, (bps.2022). Dengan munculnya banyak UMKM dapat menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia yang pada tahun 2022 mencapai angka 11,53 juta atau sekitar 5,53% dari penduduk usia kerja yang disebabkan akibat kemunculan pandemi covid-19 (bps.2022). Selain sebagai penyedia lapangan pekerjaan muncunya UMKM (Usaha Mikro Kelas Menengah) juga dapat menjadi salah satu struktur penting dalam perekonomian Indonesia karena perannya dalam meningkatkan income negara.