PENGGUNAAN E-WALLET DI KALANGAN MASYARAKAT

Authors

  • Ayu Putri Lestari STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia

Keywords:

Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Sales Promotion, Consumer Attitude, Purchase Decision

Abstract

Pengguna internet berkembang pesat dari waktu ke waktu di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Akibatnya, kebutuhan konsumen dalam melakukan pembayaran telah berubah ke arah pembayaran non tunai yaitu e-wallet yang menjadi potensi besar di pasar e-commerce. Preferensi untuk transaksi e-wallet meningkat dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Sebagian besar penggunanya adalah kaum milenial, termasuk mahasiswa. Penelitian ini mengkaji pengetahuan terkait penggunaan e-wallet dan alasan di balik penggunaannya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa e-wallet tidak hanya dipahami sebagai tempat menyimpan uang secara elektronik, tetapi juga sebagai pembayaran digital. Di Indonesia ada berbagai produk e-wallet. Antara lain OVO, Gopay, dan DANA yang paling populer. Ada tiga aspek yang terkait dengan pengetahuan siswa tentang e-wallet: sumber informasi, fitur, dan penggunaannya. Iklan dari media sosial, televisi, dan aplikasi transportasi menjadi sumber utama informasi tentang e-wallet. E-wallet menawarkan berbagai fitur, seperti isi ulang, pembayaran tagihan dan pulsa, serta transfer dan penarikan dari e-wallet ke mitra bank. E-wallet digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk membayar transportasi online, untuk membeli makanan/minuman, untuk membayar tagihan, dll. Ada tiga alasan dasar mengapa siswa menggunakan e-wallet sebagai metode pembayaran, yaitu karena promo yang ditawarkan, kemudahan dalam bertransaksi, dan kemudahan dalam pengoperasiannya. Untuk menarik orang menggunakan e-wallet, penyedia layanan harus bekerja sama dengan berbagai merchant yang promonya semakin menarik pengguna untuk menggunakan e-wallet untuk pembayaran. Dalam menggunakan e-wallet, mahasiswa tidak hanya merasa nyaman, tetapi juga kemudahan dalam pembayaran karena dapat dilakukan dimana saja selama pengguna terhubung dengan internet.

References

Anjelina. 2018. “Persepsi Konsumen Pada Penggunaan E-Money”, Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2):219-231.

Budiati, I.; Susianto, Y.; Adi, P. W.; Ayuni, S.; Reagan, A, H.; Larasaty, P.; Setiyawati, N.; Pratiwi, I, A. dan Saputri, G. V. 2018. Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Creswell, J. W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed; (Cetakan I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faridhal, M. 2018. “Analisis Transaksi Pembayaran Non-Tunai Melalui Ewallet: Perspektif Dari Modifikasi Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2):1-17.

Fransiska dan Suyasa, S. Y. T. P. 2005. “Perbandingan Perilaku Konsumtif Berdasarkan Metode Pembayaran”, Jurnal Phronesis, 7(2):172-199.

Hidayatullah

Hidayatullah, S., Warris, A., Devianti, C, R., Sari, R, S., Wibowo, A, I. Dan Made, P. 2018. “Perilaku Generasi Milenial Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food”, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(2):240-249.

Juditha, C. dan Darmawan J. 2018. “Penggunaan Media Digital Dan Partisipasi Politik Generasi Milenial”, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 22(2):94-108.

Kusnawan, A., Silaswara, D., Andy dan Sefung, T. 2019. “Pengaruh Diskon Pada Aplikasi e-Wallet Terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang”, Jurnal Sains Manajemen, 5(2):137-160.

Manikandan dan Jayakodi, M.J. 2017. “An Emprical Study On Consumer Adoption Of Mobile Wallet With Special Reference To Chennai City”, International Journal Of Research- Granthaalayah, 5(5):107-115.

Marita, S. L. 2012. “Metode Pembayaran Belanja Dengan E-Commerce”, Cakrawala, 12(2):105-113.

Maulinda, G. D. 2016. “Analisis Trust Dalam Penggunaan E-Money Sebagai Teknologi Konsumsi : Studi Mengenai Penggunaan E-Money Kelas Menengah-Atas dan Menengah-Bawah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia”, Indonesian Journal of Sociology and Education Policy, 1(1):61-79.

Mulyasari, H., Bi, T. T., & Wijaya, M. B. A. 2014. “Analisis Jenis Sistem Pembayaran Elektronik Dalam Transaksi ECommerce di Indonesia”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2014 (SENTIKA 2014). Yogyakarta, 15 Maret 2014.

Rudiwantoro, A. 2018. “Langkah Penting Generasi Millenial Menuju Kebebasan Finansial Melalui Investasi”, Jurnal Moneter, 5(1):44-51.

Silaen E. dan Prabawani B. 2019. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan EWallet Dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet OVO”, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4):155-163.

Subaramaniam, K.; Kolandaisamy, R.; Bin Jalil, A.; Kolandaisamy, I.; dan “The Impact of E-Wallets for Current Generation”, Journal of Advance Research in Dynamical & Control Systems, Special Issue, Februari, 12(1):751-759. https://www.researchgate.net/publicat ion/339236716_The_Impact_of_EWallets_for_Current_Generation, diakses tanggal 15 Desember 2020.

Suharni. 2018. “Uang Elektronik (E-money) Ditinjau dari Perspektif Hukum dan Perubahan Sosial”, Jurnal Spektrum Hukum, 15(1):15-43.

Sulistyawati, D. dan Santosa, I. 2019. “Pengaruh Perilaku Budaya Generasi Milleniial Menghadapi Revolusi Industri Terhadap Ruang Hunian Pribadi Dengan Studi Kasus ‘One Room Living’ Mahasiswa”, Jurnal Desain Indonesia, 1(1):24-30.

Jurnal rujukan dosen :

Astuti, R., & Sugiharto, B. (2019). Pengaruh Locus of Control, Ethical Sensitivity, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Etis. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 11(2), 256-270.

D Suryani, A Kurniawan, I Umiyati, “IT Self Efficacy, IT Anxiety dan Minat Menggunakan E-money”, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Vol 8 (1)

Lavuri, R., & Susandy, G. (2020). Green products: Factors exploring the green purchasing behavior of south Indian shoppers. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 4(2), 174â-191.

Purnamasari, P., & Umiyati, I. (2019). Asymmetric Cost Behavior and Choice of Strategy. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 24-33.

Umiyati, I. (2017). Financial Reporting Quality, Information Asymmetry and Investment Efficiency. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 17(1), 39-53.

Widarwati, E., & Sartika, D. (2019). Cost of financial distress and firm performance. The Indonesian Capital Market Review, 10(2), 2.

Widarwati, E., Afif, N. C., & Zazim, M. (2016). Strategic Approach for Optimizing of Zakah Institution Performance: Customer Relationship Management. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 9(1), 81-94.

Widarwati, E., & Mulyawati, S. (2015). PERINGKAT SCORE GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN HUBUNGANNYA DENGAN RETURN SAHAM. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 13(1), 66-73.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Lestari, A. P. (2022). PENGGUNAAN E-WALLET DI KALANGAN MASYARAKAT. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 2(2), 40–49. Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/847

Issue

Section

Articles