PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, PERILAKU KONSUMTIF, DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP TRANSAKSI ONLINE(E-COMMERCE)

  • Anestya Hayatunufus Hafsyah STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: Theory Planned Behavior, Online Transaction, Hedonis Life Style

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan konsumen, perilaku konsumtif, dan gaya hidup hedonis terhadap transaksi online(e-commerce). Teori yang digunakan dalam artikel ini adalah Theory Planned Behavior. Terdapat hubungan antara kepuasan konsumen dengan transaksi online. Terdapat hubungan antara perilaku konsumtif dengan transaksi online. Terdapat hubungan antara gaya hidup hedonis dengan transaksi online.

References

Rusmawan, U. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Digital Secara Online. Bina Insani ICT Journal, 1(1), 41-72.

Saraswati, P., & Zaki Baridwan, S. E. (2012). Penerimaan sistem e-commerce: pengaruh kepercayaan, persepsi manfaat dan persepsi risiko. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23-36.

Andhini, A. (2017). Pengaruh transaksi online shopping, dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).

Ishak, A. (2012). Analisis kepuasan pelanggan dalam belanja online: Sebuah studi tentang penyebab (Antecedents) dan konsekuensi (consequents). Jurnal siasat bisnis, 16(2).

Trimartati, N. (2014). Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikopedagogia, 3(1), 20-28.

Rizaldi, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(2).

Sari, D. E., Handoko, R., & Rochim, A. I. (2018). PENGARUH ONLINE SHOP JEJARING SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA IBU RUMAH TANGGA KABUPATEN MOJOKERTO (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DI DESA MOJOTAMPING, KECAMATAN BANGSAL, KABUPATEN MOJOKERTO). representamen, 4(01).

Nurhamidah, N., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2018). Analisis Perilaku Pengguna Teknologi Atas Penerimaan Layanan E-samsat Menggunakan Model Tam dan Tpb (Studi Kasus pada Samsat Wilayah Kabupaten Subang). Accruals (Accounting Research Journal of Sutaatmadja), 2(1), 28-40.

Sampurno, T. P., & Winarso, W. (2015). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1), 255-270.

Hakim, M. R. L. (2016). Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Melalui Media Online Ditinjau Dari Jenis Kelamin (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131-140.

Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis, 52(1), 8-15.

Musanna, M. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di FEB Unsyiah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(2).

Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku pembelian melalui internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2), 109-122.

Nurbaeti, I., Mulyati, S., & Sugiharto, B. (2019). The Effect of Financial Literacy and Accounting Literacy to Entrepreneurial Intention Using Theory of Planned Behavior Model in STIE Sutaatmadja Accounting Students. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 1(01), 1-1.

Indratno, D. L., & Ramaini, S. (2018). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online dan Kepercayaan Terhadap Sikap Konsumen pada E-Commerce (Studi Kasus Pembelian Produk Lazada. Co. Id Pada Mahasiswa di Kota Yogyakarta). JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 9(2), 146-157.

Christoper, S. W. H., & Kristianti, I. (2020). HUBUNGAN E-COMMERCE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA DI BOYOLALI. Jurnal Akuntansi, 10(1), 1-12.

Semuel, H. (2006). Dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif konsumen online dengan sumberdaya yang dikeluakan dan orientasi belanja sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 8(2), 101-115.

Rachmah, D. M., & Kurniawan, A. (2019). ANALYSIS OF LOVE OF MONEY WITH THE PERCEPTION OF ACCOUNTING STUDENTS ETHICS. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 1(02), 168-184.

Kurniawan, A., & Anjarwati, A. (2020, March). Does Love of Money, Machiavellian, Religiosity, Socioeconomic Status, and Understanding of the Accountant’s Code of Ethics Affect the Ethical Perception of Accounting Students?. In 1st International Conference on Accounting, Management and Entrepreneurship (ICAMER 2019) (pp. 33-37). Atlantis Press.

Nuraprianti, D., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2019). PENGARUH ETIKA UANG (MONEY ETHICS) TERHADAP KECURANGAN PAJAK (TAX EVASION) DENGAN RELIGIUSITAS INTRINSIK DAN MATERIALISME SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 1(2), 161-179.
Published
2020-11-30
How to Cite
Hafsyah, A. (2020). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, PERILAKU KONSUMTIF, DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP TRANSAKSI ONLINE(E-COMMERCE). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 94-103. Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/695
Section
Articles