PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-COMMERCE

  • Alvi Rizki Hady’s Utami STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: Perception of Ease, Trust, Security, Risk Perception, Buying Interest

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan, keamanan, dan persepsi resiko terhadap minat beli online dengan menggunakan e-commerce. Minat beli adalah keinginan atau kemampuan seseorang untuk melakukan perilaku tertentu sesuai apa yang diinginkannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) sebagai teori yang menganalisis dan memahami faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan teknologi. Hasil analisis menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi kemudahan, kepercayaan, keamanan dan persepsi resiko terhadap minat beli. Hal tersebut karena dilihat dari penelitian-penelitian sebelumnya menyatakan bahwa faktor-faktor tersebut besar kemungkinan berpengaruh terhadap minat beli seseorang dalam belanja online dengan menggunakan e-commerce.

References

Adi Putra, I. A., Sukaatmadja, I. G., & Giantari, I. G. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko. Terhadap Kepercayaan Dan Niat Beli E-ticket Pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana(ISSN : 2337-3067), 4-7.

Alviani, V. N., Kurniawan, A., & Sugiharto , B. (2019). THE INFLUENCE OF ACADEMIC PRESSURE, OPPORTUNITY OF CHEATING AND RATIONALIZATION OF CHEATING ON THE BEHAVIOR OF ACADEMIC CHEATING WITH PERCEPTION OF ACCOUNTING ETHICS AS A MODERATING VARIABLE (ON STIE SUTAATMADJA SUBANG ACCOUNTING STUDENTS). Accounting Research Journal os Sutaatmadja (Accruals), 1(No.1 ), 51.

Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, Vol 5(No.2), 4-5.

Amalia, Z. N., & Suyono , N. A. (2017). Faktor Minat Perilaku Bertransaksi Menggunakan E-Commerce (Studi kasus pada mahasiswa perempuan S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo ). Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo, Volume 12 (No.1), 1-3.

Asri, S., & Susanti, F. (2016). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat BeliI Pada E-Commerce Lazada.co.id (Studi Pada Mahasiswa Jurusan S1 Manajemen “STIE KBP” Padang). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP Padang, 1-5.

Harini , A. S., Kurniawan, A., & Umiyati , I. (2019). THE IFLUENCE OF ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM IMPLEMENTATION AND INTERNAL CONTROL EFFECTIVENESS ON THE PERFORMANCE OF EMPLOYESS (CASE STUDY ON MICRO, SMALL, MEDIUM, ENTERPRISES SUBANG REGENCY). Jurnal of Accounting for Sustainable Society (JASS), 1(No.1), 94.

Haryosasongko, F. A. (2015). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Pembelian Online Pada Website Lazada.co.id di Kota Malang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1-6.

Karnadjaja, C. C., Tulipa, D., & Lukito, R. S. (2017). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Belanja Online melalui Kepercayaan dan Sikap pada Konsumen Zalora di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen (KAMMA), Vol 6 (No. 2), 120-121.

Ma’ruf, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko ,Dan Kenyamanan Terhadap Sikap Konsumen Dalam Belanja Online (Studi Pada Toko Online Lazada.com). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 536-541.

Magnadi, R. H., & Alwafi, F. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual beli Tokopedia.com. DIPENOGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(No 2), 4-5.

Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. EKOBIS, Vol.19(No.2), 207.

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 29(No.1), 2-3.

NUGROHO, B. S. (2018). Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Transaksi Menggunakan Sistem E-Commerce (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA, 1-4.

Pratama, A. B., & Suputra, I. G. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol 27 ISSN: 2302-8556 (No.2), 927-941.

Sitorus, S. D., & Mawardi, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Online (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Jual Beli Online Carousell). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 73 (No.1), 144.

Suryani, D., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2020). IT Self Efficacy, IT Anxiety dan Minat Menggunakan E-money. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 89-108.

Wahyuningtyas, Y. F., & Widiastuti, D. A. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Barang Fashion Di Facebook). JURNAL KAJIAN BISNIS, VOL. 23(No.2), 1-4.

Wardhana, O. H. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono 165, Malang, 1-8.
Published
2020-11-30
How to Cite
Utami, A. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, KEAMANAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-COMMERCE. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 79-93. Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/694
Section
Articles