PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE PADA SHOPEE
Abstract
Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Informasi dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Online pada Shopee.
Keputusan pembeliankonsumen dilakukan setelah konsumen melakukan berbagai macam tahapan. Tahapan tersebut dimulai dari mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi dan keputusan akhir menggunakan suatu produk. Proses keputusan konsumen untuk membeli dipengaruhi oleh berbagai factor, diantaranya adalah kualitas informasi dan pelayanan. Kualitas pelayanan merupakan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan sedangkan kualitas informasi merupakan tingkat perusahaan dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1). Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk online pada shopee? (2) Apakah kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk online pada shopee.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk online pada shopee karena pelayanan menuntukan konsumen untuk menggunakan jasa produknya dalam jangka panjang karena nyaman dengan layanan yang diberikan. (2) Kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk online pada shopee karena informasi yang konsumen dapat itu relevan dan akurat.
References
Fadilah, Nur (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Alat Tulis Kantor Pada Toko Gramedia Ponogoro”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Ponogoro.
Fikri, Sihran. Wahyu W., dan Agung S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa. Jurnal bisnis dan Manajemen, Vol 3 (1) pp 120-134.
H, Rizki Kharisma. Endang S A, Heru Karnita, Asep dan Asri (2019). “Analysis of Online BPHTB Application Succes System Using Information System Succes Models Delone and Mclean”. Journal of Public Sector Accounting and Management (JPSAM), STIE Sutaatmadja Subang, Indonesia
Masitoh, Martina Rahmawati. Hermansyah A W., dan Khairul I. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek terhadap Loyalitas pelanggan pada penggunaan aplikasi mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, Vol 5 (1), pp 101-119.
Nazarudin, Hamzah. Yunita Vela. (2016). Pengaruh Kemudahan dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian secara online di situs D’BC Network Orifline. Jurnal
Bisnis dan Manajemen, Vol 2 (2) pp 113-134.
Nursya’adah, Dena. Asep K. (2019). “Persepsi mahasiswa STIE Sutaatmadja terhadap Dimensi kualitas pelayanan bandara”, Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol 7(2) pp 35-58.
Praharjo, Ardik (2019). “Perilaku Pembelian secara online generasi milenial Indonesia”. Jurnal Manajemen dan Bisnis MEDIA EKONOMI. Vol XIX (1)
Rosidah, Idfa. (2018). Pengaruh Kualitas Informasi, Religiusitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk dalam Jual Beli Online pada Mahasiswa Jurusan Muamalah.
S. (2015). Pengaruh kemudahan dan kualitas informasi terhadap minat dan keputusan pembelian secara online. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 28, No.1, pp 56-63
Sastika, Widiya. (2016). Analisis pengaruh kualitas website (WEBQUAL 4.0) terhadap keputusan pembelian pada website e-commerce traveloka, Seminar nasional teknologi informasi dan komunikasi (SENTIKA),
Seni, Anggar Nyoman Ni dan Ni Made Dwi Ratnadi (2017). “Theory of Planned Behavior untuk Memprediksi Niat Investasi”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
Suryani, D., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2020). IT Self Efficacy, IT Anxiety dan Minat Menggunakan E-money. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 89-108.
Wardoyo dan Intan Andin. (2017). “Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara Online Pada Mahaiswa Universitas Gunadarma”. Jurnal Ekonomi Sumber Daya, Universitas Gunadarma, Depok. Vol 19 (1)