INOVASI STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL MELALUI PENDEKATAN ANALISIS CUSTOMER PERSONA, SOCIAL MEDIA PIANNING, DAN INSTAGRAM MAINTENANCE PADA KAMPUNG IKAN LEMBAH TANJUNG (Studi Kasus Kolam Renang dan Kolam Pancing)

Array

Authors

  • Gugyh Susandy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja
  • Ananda Tri Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja Subang
  • Firda Hamidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja Subang
  • Nursadiyah Nursadiyah
  • Lita Novrial Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja Subang

Abstract

      Di era digital yang terus berkembang, penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran telah menjadi bagian integral dari banyak strategi bisnis terutama dalam wisata, maka dari itu perlu memahami pemasaran dan pemahaman terhadap customer persona, social media planning, dan maintenance atau inovasi pada sosial media instagram. Penggunaan media sosial untuk perencanaan dan promosi di Kampung Ikan Lembah Tanjung masih belum optimal. Terdapat tantangan dalam merancang strategi yang efektif untuk memanfaatkan platform-platform media sosial secara maksimal. Beberapa kendala yang dihadapi meliputi minimnya pemahaman tentang kebutuhan pasar dan teknik-teknik pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana customer persona dapat membantu dalam memahami target pasar, dan bagaimana instagram digunakan secara efektif untuk mempromosikan wisata kampung ikan lembah tanjung. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian descriptive research yang menggunakan research methods descriptive analysis dengan design analysis qualitative juga menggunakan exploratory research dengan research methods case study dan analysis design observation. Dengan pemahaman yang baik akan menjadikan kombinasi antara customer persona yang jelas, perencanaan social media planning yang efektif, dan pemeliharaan instagram yang teratur membantu kampung ikan lembah tanjung membangun kehadiran online yang kuat dan menarik lebih banyak pengunjung.

References

Cania, N., & Heryani, R. D. (2020). PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK DI SMK PLUS PELITA NUSANTARA. Research and Development Journal of Education, 1(1), 91.

Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (n.d.). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM.

Lavuri, R., & Susandy, G. (2020). Green products: Factors exploring the green purchasing behavior of south Indian shoppers. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 4(2), 174â-191.

Salminen, J., Jansen, B. J., An, J., Kwak, H., & Jung, S. (2018). Are personas done? Evaluating their usefulness in the age of digital analytics. Persona Studies, 4(2), 47–65.

Susandy, G., Sari, D., Helmi, R. A., & Komaladewi, R. (2023). Digital Marketplace Branding Model. Quality-Access to Success, 24(193).

Susandy, G., & Prasetyo, Y. E. (2019). Social network and organizational leadership at the higher education institution: A case study. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 3(1), 37â-48.

Ratnasari, N., Susandy, G., & Apriandi, D. W. (2019). The influence of social media marketing and online consumer behavior in the city of subang on the brand story of the instant messenger line application. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 16(2), 3-3.

BUKU

Modul Brand Management MarkPlus Institue Sertification Program (MICP) (2015)

Nicholas D. Hartlep (2017)Critical Storytelling in Uncritical Times_ Undergraduat

Philip T Kotler, Kevin Lane Keller (2016). A Framework for Marketing Management.

W. S. Penn (auth.) (2013) -Storytelling in the Digital Age-Palgrave Macmillan US

Mark Dunford, Tricia Jenkins (2017) (eds.)-Digital Storytelling _ Form and Content-Palgrave Macmillan

John Hartley, Kelly McWilliam-(2009)- Story Circle_ Digital Storytelling Around the World-Wiley-Blackwell

Downloads

Published

2025-08-08

Issue

Section

Articles