PENGARUH PENGETAHUAN PERSEPSI KEMUDAHAN, KEBERMANFAATAN, TERHADAP MINAT PENGGUNAAN OVO

Authors

  • Dede Kurniawan STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia

Keywords:

OVO, Persepsi kemudahan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap minat penggunaan aplikasi OVO. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif deskriptif melalui metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa subang Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random samplingTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Namun Kondisi ini menciptakan dua masalah sekaligus. Pertama, masyarakat miskin dan sangat miskin yang tak punya akses kepada produk keuangan modern dan telepon pintar semakin terpuruk atau terpinggirkan. rakyat menengah kebawah yang tetap menggunakan uang tunai. Segregasi diantara kedua kelompok tersebut akan semakin kuat jika masyarakat yang menggunakan mobile payment benar- benar tidak akan mau menerima uang tunai lagi. Permasalahan kedua, jika hingga saat ini menjadi tren seperti dinegara China, yang menolak pembayaran melalui uang tunai jelas melanggar undang- undang. Bank sentral diharuskan selalu memastikan bahwa penggunaan sistem perekonomian di Indonesia harus selalu tetap menerima uang tunai rupiah sebagi alat pembayaran atau transaksi.

References

Artikel Jurnal

Adesina A. Aderonke. “An Empirical Investigation of the Level Users Acceptance of E-banking in Nigeria” Journal of internet banking and commerce vol.15, no 1 tahun 2010

Ahmad dan Bambang Setiyo. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan fitur terhadap Minat

Anita Rahmawaty, “pengaruh trust dalam penggunaan Automated Teller Machine berdasarkan Technology Acceptance Model (Studi terhadap Nasabah VOl.3 no 2, Juli-Desember 2010 : hal.33-56

Arief Wibowo, “Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model” . diakses tanggal 16 Maret 2015.

Irwan Tirtana dan Shinta Permata Sari “Analisis pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap penggunaan mobile banking” Syariah paper FEB-UMS. 25 Juni 2014

Jogiyanto.2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta : CV Andi Offset. Juliansyah Noor. Metodologi Penelitian Skripsi, tesis, Disertasi, dan Karya Tulis Ilmiah. Edisi 1. Jakarta : Kharisma Putra Utama.2011

Kurniawan, A., Sugiharto, B., & Mikola, A. A. (2019). The Effect of Financial Literacy and Financial Management Behavior on Female Workers Purchasing Power.

Made Wahyu Adhiputra. “Aplikasi TAM terhadap pengguna layanan Internet Banking”. Jurnal Bisnis dan Komunikasi Kalbisocio, Vol 2 No1 Februari 2015

Melisa dan Jadongan “pengaruh manfaat persepsian dan kredibilitas persepsian terhadap penggunaan ebanking pada perusahaan-perusahaan Indonesia. Jurnal dinamika akuntansi, keuangan dan perbankan, hal 66-83. Mei 2014

Muniruddeen Lallmahamood. “ An Examination of Individual’s Perceived Security of the Internet in Malaysia and the Influence of This on Their Intention to Use EConnerce : Using An Extension of the Technology Acceptance Model”. Journal of Internet Banking and Commerce.Vol.12, no.3. December 2007

Raies Ahmad, Rifat Ara dan Dr. Altaf. “Customer attitude and factors influencing users acceptance of ebanking in J&K” International Journal of business and Management Invention. Vol.2 . Juli 2013

Suryani, D., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2020). IT Self Efficacy, IT Anxiety dan Minat Menggunakan E-money. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 89-108.

Web

https://www.cermati.com

https://analisis.kontan.co.id/news/dampak-cashless

http://benderranews.com

https://www.cermati.com

Published

2020-07-31

How to Cite

Kurniawan, D. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN PERSEPSI KEMUDAHAN, KEBERMANFAATAN, TERHADAP MINAT PENGGUNAAN OVO. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 18–28. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/651

Issue

Section

Articles