PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP PADA PERILAKU KEUANGAN PADA GENERASI MILENIAL

  • Nurul Safura Azizah STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Perilaku Keuangan

Abstract

Tujuan ini adalah untuk mengeji pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan milenial, tepatnya di kota Subang. Populasi dalam penelitan ini adalah Melenial di Kota Subang denga batas usia 21-37 Tahun. Teori yang digunakan dalam artikel ini adalah Theory Planned Behavior karena teori tindakan beralasan dan teori perilaku rencanaan adalah sebuah teori yang dirancang untuk memprediksi dan menjelaskan perilaku dalam konteks yang spesifik. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa, Terdapat hubungan antara literasi keuangan dengan perilaku keuangan milenial, dimana tingginya tingkat literasi keuangan yang dimiliki melenial makasemakin tinggi tingkat perilaku keuangangnya.Terdapat hubungan antara gaya hidup dengan perilaku keuangan, semakin baik milenail mengatur gaya hidup yang benar dan tepat maka perilaku keuangan mahasiswa akan semakin bagus dalam  pengelolaannya.Terdapat hubungan antara literasi keuangan dan gaya hidup karena semakin baik tingkat literasi dan kepercayaann maka semakin tinggi perilaku keuanga

References

Anggraeni, B. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10, 42-52

Anita Sari, Dian. (2015). Financial Literacy dan Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Studi Kasus Mahasiswa STIE 'YPPI Rembang , 6 (1) : 171-174.

Fauzi, Dodi Ahmad,2006. Cerdas Finansial, Sekarang. Jakarta: Edasa Mahkota

Fudyartanta. (2012). Jurnal Psikologi Perkembangan. Jakarta: Pustaka Pelajar

Fatimah, D. N. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa (Perbandingan Mahasiswa Ekonomi Dan Non Ekonomi). Yogyakarta: Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga

Huston, S. J. 2010. Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs. Vol. 44 No. 2, 307-308.

Kanserina, D. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Ganesha, 5.

K. Chinen, E. Hideki. Effect of Attitude and Background on Personal Finance Ability: A Student Survey in the United State, 29(1)(2012).

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial Literacy Around The World: An Overview. Journal of Pension Economics and Finance,10 (4): 497–508

Novi Yushita, Amanita. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi . Jurnal Nominal , 6 (1) : 13-14.

Setiadi, J., dan Nugroho. (2010). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi, Penerbit Prenada Media Grup, Jakarta

Susanto,Angga Sandy. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Jurnal JIBEKA , 7 (2) : 1-3.

Rini, Dyah Prihantuty dan Sri Rahayuningsih. 2018. Pengaruh Financial Literacy, Financial Behaviour, Financial Attitude, dan Demografi terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945.Universitas 17 Agustus1945.

Rumini, R., Sugiharto, B., & Kurniawan, A. (2019). THE MODERATING EFFECT OF COMPETITIVE STRATEGIES ON INTELECTUAL CAPITAL AND COMPANY VALUE IN BANKING COMPANIES. ACCRUALS (Accounting Research Journal of Sutaatmadja), 3(1), 92-105.
Published
2020-03-31
How to Cite
Azizah, N. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP PADA PERILAKU KEUANGAN PADA GENERASI MILENIAL. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 92-101. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/422
Section
Articles