HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, KESADARAN, KEPERCAYAAN, PENGETAHUAN, MASYARAKAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK

  • Siti Nuralia Pauji STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikna, kesadaran, kepercayaan, pengetahuan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Dan penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dalam penyusunan penelitiannya. Data primer yang diperoleh dari responden di hasilkan dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah wajib pajak. Dan metode yang digunakan dalam analisis ini adalah Uji Heterskedastisitas, Uji Multikolonearitas, Uji t, Uji f, dan Koefisien determinasi. Dapat dikatakan bahwa tingkat pendidikan, kesadaran, kepercayaan, pengetahuan ,masyarakat mampu membuat kenaikan terhadap kepatuhan wajip pajak untuk membayar pajak.

References

Ajzen, I. 1991. Organizational Behavior and Human Decision Process : The Theory of Planned Behavior. Online : net/ aizen/ tpb.bhdp.pdf-295, diakses 30 juni 2010)

Bobek, D., R.C. Hatfieid, 2003, An Investigasi of Theory of Planned Behavior and the role of Moral Obligation in Tax Compliance. http:/www.google.com.diakses Oktober 2010

Dalam penelitian menurut Anis Syamsu Rizal (Prodi S 1 Akuntansi Universitas Pamulang) dalam jurnal yang berjudul Hubungan Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.

Dalam penelitian menurut penelitian yang dilakukan oleh Ni Made Lisa Rusmayani dan Ni Luh Supadmi dalam jurnalnya yang berjudul Hubungan Sosialisasi, Pengetahuan, Sanksi Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Dalam Penelitian yang dilakukan oleh Erica Kakunsi, Sifrid Pangemanan, dan Winston Pontoh Hubungan Gender Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna.

Dalam penelitian Yunita Isna Ratri Alumni (Prodi Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta) Achmad Tjahjono (Prodi Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta)
dalam jurnalnya yang berjudul Analisis Hubungan Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi, Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Dan Tingkat Pendidikan Wajib Pajak Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Membayar Pbb P2 pada tahun 2019

https://economy.okezone.com/read/2016/09/21/20/1495183/7-alasan-rendahnya-kesadaran-masyarakat-bayar-pajak

https://news.ddtc.co.id/sdm-perpajakan-tidak-cukup-hanya-paham-aturan-17624?page_y=0https://news.ddtc.co.id/bertambah-lagi-kali-ini-ddtc-teken-kerja-sama-pendidikan-dengan-usu-17632?page_y=0

https://radarmadura.jawapos.com/read/2018/12/18/109177/pengaruh-pajak-terhadap-pembangunan-ri

https://www.kupastuntas.co/2019/11/05/malas-bayar-pajak/

Kurniawan, A., Sarlina, L., & Umiyati, I. (2019). PENGARUH AKSES PAJAK, FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI ADANYA REWARD TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 1(2), 145-160.

Lovihan, Siska. 2013. Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahua dan Kualitas Layanan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Orang Pribadi di KotaTomohon.

Mardiasmo(2016). Perpajakan. Edisi 2016.Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Mika Trisnawati dan Wayan Sudirman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia)

Mustikasari, E. 2007. Kajian Empiris Tentang Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Perusahaan Industri Pengolahan di Surabaya. Prosiding SNA X Makasar.

Nawawi, J. 2014. Membangun Kepercayaan dalam Mewujudkan Good Governance. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/2255/Jurnal02b.pdf?sequence=4

Rahayu, S. K. (2010). Perpajakan Indonesia : Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu. hal : 141Rahmawaty, Stella. 2014. “Pengaruh Pengetahuan Modernisasi Strategi Direktoral Jenderal Pajak, Sanksi Perpajakan dan Religiusitas yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Perpajakan”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol 3, No 1.

Suhartini, M. 2012. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak: Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. UMY. Yogyakarta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003

Utami, Sri Rizki, Andi dan Ayu Noorida Soerono., 2012. Pengaruh FaktorFaktor Eksternal Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di Lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Serang. Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Wati, Reny Eka. 2016. Pengaruh Pengetahuan Modernisasi Strategi Direktorat Jenderal Pajak, Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Religiusitas yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Perpajakan. Naskah Publikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widagsono Seto. 2017. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi, dan Religiusitas terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada KPP Pratama Kepanjen). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Published
2020-03-31
How to Cite
Pauji, S. (2020). HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, KESADARAN, KEPERCAYAAN, PENGETAHUAN, MASYARAKAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 48-58. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/418
Section
Articles