PENGARUH GENDER DAN KEMAMPUAN AKADEMIS TERHADAP LITERASI KEUANGAN DALAM PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI

  • Nia Yunita STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: Gender, Kemampuan akademis, Literasi keuangan, Indeks Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Pengelolaan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan dan perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa jurusan Akuntansi dikota subang. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada pihak kampus untuk mengembangkan konsep serta pendekatan studi keuangan menjadi relevan dalam meningkatkan literasi keuangan mahasiswa dalam mengarahkan perilaku keuangan menjadi lebih baik dan hal ini terkait dalam ketidapastian resiko dimasa mendatang. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang telah memiliki pengetahuan dan informasi tentang keuangan. Jumlah sampel penelitian adalah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan ada penelitian yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel gender dan variabel kemampuan akademis berpengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan yang dimoderasi oleh literasi keuangan.

References

Ansong, Abraham & Gyensare, M. A. 2012. Determinants of University Working- Students’ Financial Literacy at the University of Cape Coast, Ghana. International Journal of Business and Management (7) 9.

Erawati, Neni dan Susanti. “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi, dan Pengalaman Bekerja terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akutansi (2017).

Herwati, Nyoman Trisna. “Kontribusi Pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Literasi Keunagan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa” Jurnal pendidikan dan Pengajaran 48, no. 1-3 (2015).

Krisna, Ayu dkk. “Analisi Tingkat Literasi di Kalangan Mahasiswa dan FaktoFaktor Yang Mempengaruhi pada Mahasiswa/I di FEB UKSW” (2010).

Kurniawan, A., Sugiharto, B., & Mikola, A. A. (2019). The Effect of Financial Literacy and Financial Management Behavior on Female Workers Purchasing Power.

Laily, Nujmatul. “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Mengelola Keuangan. Universitas Negeri Malang”. Jurnal Pendidikan Akutansi 1, no. 4 (2013).

Otoritas Jasa Keuangan. 2013. OJK Perkuat Upaya Inklusi dan Perluasan Akses Keuangan Melalui Literasi Keuangan. Majalah OJK Edisi November. (Retrifed from http://sikapiuangmu.ojk.go.id/publ ic/content/files/MajalahOJK- 2.pdf.).

Sasongko. Sri sundari. 2009. Konsep dan Teori Gender. Cetakan Kedua. Jakarta: Pusat Pelatihan Gender dan Peningkatan Kualitas Perempuan.
Somer, Lutz. 2011. The theory Of Planned Behavior And The Impact of Past Behavior. The International Business & Economics Research Journal; (10) 1.

Wijayanti, dkk. “Pengaruh Jenis Kelamin, IPK, dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang”. JPE-vol. 9 no.1 (2016).

Widayati, irin. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. ASSET: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan (1) 1:89-99.

Permana, Muhammad Faizin Adi. 2013. Edukasi masyarakat, OJK tempuh strategi growthbase.http://ekbis.sindonews. com/read/2013/05/21/33/751185/e dukasimas yarakat-ojk- tempuh-strategi-growth-base. diakses 21 Mei 2013.

Margaretha, F and Pambudhi, R.A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 17, No. 1 hal 7685.
Published
2020-03-31
How to Cite
Yunita, N. (2020). PENGARUH GENDER DAN KEMAMPUAN AKADEMIS TERHADAP LITERASI KEUANGAN DALAM PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 1-12. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/414
Section
Articles