PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI DAN KONFORMITAS HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA

  • Lita Tribuana STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: Theory Planned Behavior, literasi keuangan, perilaku konsumtif

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui hubungan literasi keuangan, pengendalian diri dan konformitas hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Teori yang digunakan dalam artikel ini adalah Theory Planned Behavior dan Teori Perilaku Konsumen. Terdapat hubungan antara literasi keuangan dengan perilaku konsumtif. Terdapat hubungan antara pengendalian diri dengan perilaku konsumtif. Terdapat hubungan antara konformitas hedonis dengan perilaku konsumtif.

References

Abid, Muhammad Sidiq. 2017. Analisis Pengaruh Konformitas dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif dalam Perseptif Ekonomi Islam. IAIN Raden Intan Lampung.

Astiningrum, Risa. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi PJKR UPGRIS.

Dewi, Nurita dan Rusdarti, St. Sunarto. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. JEE 6 (1). Page 29 – 35.

Dikria, Okky dan Sri Umi Mintarti. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 2013. Universitas Neferi Malang.

Fahira, Ighfa Yudasella dan Astrie Krisnawati. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Bandung. Universitas Telkom.

Grace, Febria Sapan Palamba. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sanata Darma. Universitas Sanata Darma.

Haryani, Indah dan John Herwanto.2015. Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid I. Jakarta. Erlangga

Koo, Minkyung dan Sharon Shavitt. (2010). Cross Cultural Psychology of Consumer Behavior.

Nur, Anisa Fauzia dan Nurdin. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif. Universitas Islam Bandung.

Nurbaeti, I., Mulyati S., Sugiharto, B. 2019. The Effect of Financial Literacy And Acoounting Literacy to Entrepreneurial Intention Using Theory of Planned Behavior Model in STIE Sutaatmadja Accounting Students. Jurnal Of Accounting for Sustainable Society. Vol.1(1): 1-14

Oktafikasari, Eva dan Amir Mahmud. 2017. Konformitas Hedonis dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Universitas Negeri Semarang.

Rachmah, D. M., & Kurniawan, A. (2019). ANALYSIS OF LOVE OF MONEY WITH THE PERCEPTION OF ACCOUNTING STUDENTS ETHICS. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 1(02), 168-184.

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case For a Definition in a Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs. Vol.44(2): 276-295.

Rini, Dyah Prihantuty dan Sri Rahayuningsih. 2018. Pengaruh Financial Literacy, Financial Behaviour, Financial Attitude, dan Demografi terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945.Universitas 17 Agustus1945.

Sri, Endang Indrawati dan Bagas Tripambudi. 2018. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. Vol.7(2): 189.
Published
2020-01-31
How to Cite
Tribuana, L. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI DAN KONFORMITAS HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 145-155. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/375
Section
Articles