FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM MENGELOLA KEUANGAN

  • Illa Nurlaila STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: Literasi Keuangan, Efikasi Diri Keuangan, Pembelajaran Keuangan, Perilaku Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan, pengaruh financial self efficacy dan pengaruh kualitas pembelajaran keuangan terhadap mahasiswa dalam mengelola keuangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode desktriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa perguruan tinggi yang ada di kota Subang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier dan pengujian hipotesis.

References

Herma, Enung. 2017. Literasi Keuangan Dikalangan Mahasiswa. JRKA. Vol.3(2): 20-33.

Nurbaeti I, Mulyati S, Sugiharto B. 2019. The Effect of Financial Literacy and Accounting Literacy to Entrepreneurial Intention Using Theory of Planned Behavior Model in STIE Sutaatmadja Accounting Students. Journal of Accounting for Sustainable Society (JASS). Vol.1(1): 1-14.

Ismawati, Norwahida. 2017. Analisis Diskriminan Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan Pribadi. Jurnal Idaarah. Vol.1(2).

Laily, Nujmatul. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Universitas Negeri Malang.

Trisna N, Candiasa IM, I Ketut Yadnyana, Naswan S. 2018. Pengaruh Kualitas Pembelajaran Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Financial Self Efficacy Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan. Vol.2(2).

Otoritas Jasa Keuangan. Literasi Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/pages/literasi-keuangan.aspx (diakses, 5 November 2019).

Rachmah, D. M., & Kurniawan, A. (2019). ANALYSIS OF LOVE OF MONEY WITH THE PERCEPTION OF ACCOUNTING STUDENTS ETHICS. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 1(02), 168-184.

Ratno, Sri. 2010. Pengaruh kepribadian, self efficacy, dan locus of control terhadap persepsi kinerja usaha skala kecil dan menengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.Vol.17(2).

Sukmaningrum. S, & Rahardjo. M. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa Menggunakan Theory of Planned Behavior (Studi Pada Mahasiswa Pelaku Wirausaha Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management. Vol.6(3): 2.

Nuraprianti, D., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2019). PENGARUH ETIKA UANG (MONEY ETHICS) TERHADAP KECURANGAN PAJAK (TAX EVASION) DENGAN RELIGIUSITAS INTRINSIK DAN MATERIALISME SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 1(2), 161-179.
Tri P & Ellen. 2019. Literasi Dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen. Vol.12(1): 37-42.

Trisna, Herawati. 2015. Kontribusi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3 Hal. 60-70.

Widhyasto, P. 2017. Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan Dan Factor Demografi Pada Keputusan Investasi Pasar Keuangan Keluarga Di Surabaya. Artikel Ilmiah Program Studi Manajemen.
Published
2020-01-31
How to Cite
Nurlaila, I. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM MENGELOLA KEUANGAN. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 136-144. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/374
Section
Articles