PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN WAJIB PAJAK

  • Intan Nurul Muslimah STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: kemudahan, pelayanan fiskus, kepatuhan wajib pajak, kepuasan wajib pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap kepatuhan wajib pajak, pengaruh kemudahan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kepuasan wajib pajak, pengaruh pelayanan fiskus terhadap keaptuhan wajib pajak dan pengaruh pelayanan fiskus terhadap keaptuhan wajib pajak melalui kepuasan wajib pajak. Metode penelitian yaitu menggunakan study litelatur dengan menelaah 12 jurnal terkait prpsepsi kemudahan dan pelayanan fiskus terhada pkepatuhan wajib pajakdengan variable intervening kespuasan wajib pajak. Variable dependen (y) kepatuhan wajib pajak dan variable independen (x1), (x2) adalah prsepsi kemudahan dan pelayanan fiskus serta variable intervening adalah kepuasan wajib pajak. Hasil penelitian menunjukan dari penelitian terdahulu yaitu pelayanan fiskus, prsepsi kemudahan memiliki pengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kepuasan wajib pajak sebagai variable intervening

References

Suhendra, Kurniawan A, Suangga A. 2019. Effect self assessment implementation, taxation socialization, taxation sanction and service quality of tax authoritiesto compliance level of taxpayer of msmes perpetrators after implementation of government regulation no. 46 year 2013. Journal of Taxation Analysis and Review (JTAR). Vol.1(1): 50-63.

Ardiansyah A, Kertahadi, Dewantara RY. 2016. Pengaruh pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kepuasan wajib pajak (studi pada wajib pajak di wilayah kerja kpp pratama blitar). Jurnal Perpajakan (JEJAK).

Egamawarni, Leonardo Budhi H, Paranaditya A. Pengaruh pelayanan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kesadaran membayar pajak sebagai variabel intervening.

Natalia K, Paralian A, Sarwono J. 2019. Pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan e-filing dan dampaknya terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada kpp pratama gambir tiga (survei pada kpp pratama gambir tiga periode april-juli 2017).

Siahan S, Halimatusyadiah. 2018. Pengaruh kesadaran perpajakan, sosialisasi perpajakan, pelayanan fiskus, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Kurniasi D, Syadiah H. 2018. Pengaruh sosialisasi perpajakan, pemahaman, kemudahan dan manfaat yang dirasakan wajib pajak umkm terhadap kepatuhan memiliki npwp (study pada wajib pajak umkm di kota bengkulu).

Wardani DK, Wati E. 2018. Pengaruh sosiali sasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan pengetahuan perpajakan sebagai variable intervening (studi pada wajib pajak orang pribadi di kpp pratama kebumen).

Wati, K. M., Kurniawan, A., & Mulyati, S. (2019). THE EFFECT OF E-SPT AND NATIONAL TAX CENSUS ON THE INCOME OF INCOME TAX (Case Study in West Java Regional Tax Office 1). JABI (Journal of Accounting and Business Issues), 1(1), 34-46.

I Gustuputuagung, Ni luhsupadmi. 2019. Pengaruh Kesadaran WP, Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, dan Tax Amnesty Pada Kepatuhan WPOP.

Ariani M, Rubbiato. 2018. Pengaruh pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak dengan variable intervening kepuasan wajib pajak.

Bilyantari NLPR, Meitriana MA, Zukhri A. 2017. Persepsi kebermanfaatan, kemudahan dan kepuasan wajib pajak orang pribadi dalam penggunaan e-filing sebagai sarana pelaporan spt tahunan secara elektronik.
Oke Finance. 2019. https://economy.okezone.com/read/2019/01/09/20/2001988/penerimaan-pajak-ukm-belum-optimal diakses tgl 22/10/2019
Published
2020-01-31
How to Cite
Muslimah, I. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN WAJIB PAJAK. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 86-96. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/370
Section
Articles