PENGARUH RELIGIUSITAS, KESADARAN, DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM

  • Nisa Apriani STIE Sutaatmadja, Subang, Indonesia
Keywords: Religiuaitas, Kesadaran, Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan WP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas, kesadaran, dan pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak umkm.

Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha umkm yang ada di daerah kabupaten subang. Pengambilan sampel secara acak merupakan metode convenience sampling yang dilakukan dalam penelitian ini. Menurut Indiantoro dan Supomo, 2002 dalam sari, 2016 menyebutkan bahwa subjek sampel dan sebagai elemen populasi yang dipilih dalam penelitian ini tidak terbatas, peneliti dapat secara bebas memilih sampel yang paling cepat. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk

pengambilan data, dengan menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak umkm yang ada di daerah kabupaten subang

References

Ayu AL. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, dan Kemanfaatan NPWP Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten) [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Cristina C, Stratta P, Collazzoni A, Rossi A. 2013. Constructand Concurrent Validity of the Italian Version of the Brief Multidimensional Measure of Religiousness/Spirituality. Psychology of Religion and Spirituality University of L’Aquila. Vol.5(4): 316-324.

Miftahuddin E, Aris MA. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakannya (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Makalah. Dalam: Seminar Nasional dan Call for Paper Program Studi Akuntansi. Syariah Accounting Paper FEB-UMS. 25 Juni 2014

Khasanah SN. 2014. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta [skripsi]. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Retyowati, Fitriana Dikky. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Wajib Pajak Yang Terdaftar Pada KPP Pratama Sukoharjo. Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suhendra, S., Kurniawan, A., & Suangga, A. (2019). EFFECT SELF ASSESSMENT IMPLEMENTATION, TAXATION SOCIALIZATION, TAXATION SANCTION AND SERVICE QUALITY OF TAX AUTHORITIESTO COMPLIANCE LEVEL OF TAXPAYER OF MSMES PERPETRATORS AFTER IMPLEMENTATION OF GOVERNMENT REGULATION NO. 46 YEAR 2013. JTAR (Journal of Taxation Analysis and Review), 1(01), 50-63.

Tahar, Afrizal dan Rachman AK. 2014. Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi & Investasi.Vol.15(1).

Tania TS. 2011. Pengaruh Keadilan Sistem Perpajakan dan Religiusitas terhadap Niat dan Ketidakpatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tampan, Kota Pekanbaru) [skripsi]. Pekanbaru (ID): Universitas Riau.

Wati, Reny Eka. 2016. Pengaruh Pengetahuan Modernisasi Strategi Direktorat Jenderal Pajak, Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Religiusitas yang Dipersepsikan Terhadap Kebutuhan Perpajakan, Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widagsono Seto. 2017. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi, dan Religuisitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada KPP Pratama Kepanjen) [skripsi]. Malang (ID): Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Widayati dan Nurlis. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Gambir Tiga). Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Yulianti A, Kurniawan A, Umiyati I. 2019. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Persepsi Keadilan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kepercayaan. JRKA.Vol.5(1): 36 – 54.
Published
2020-01-31
How to Cite
Apriani, N. (2020). PENGARUH RELIGIUSITAS, KESADARAN, DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 30-35. Retrieved from http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/364
Section
Articles